Sabtu, 26 Januari 2013

RPP Qur'an Hadits XI Gasal


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
                                                 No  : 01 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan        : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran              : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester          : XI / Gasal
Pertemuan ke                : 1 
Alokasi Waktu              : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit

STANDAR KOMPETENSI  : 1.   Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang
                                                        nikmat Allah dan cara mensyukurinya
KOMPETENSI DASAR         : 1.1. Mengartikan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17  
                                                        dan   hadts tentang syukur nikmat

INDIKATOR                : 1.1.1. Membaca dan mengartikan QS. Az-Zuhruf:9-13
1.1.2. Membaca dan mengartikan QS.Al-’Ankabut:17
1.1.3. Membaca dan mengartikan hadits tentang syukur nikmat
                                        1.1.4. Menghafal QS. Az-Zuhruf:9-13, QS.Al-’Ankabut:17, dan    
                                                  hadits tentang syukur nikmat
                                       1.1.5. Menunjukkan makna mufradat

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
     
1.        Secara bersama-sama peserta didik mampu membaca QS. Az-Zuhruf 9-13 dengan benar, fasih, dan tartil
2.        Secara bersama-sama peserta didik mampu  membaca QS. Al-Ankabut:17 dengan benar, fasih, dan tartil
3.        Secara bersama-sama peserta didik mampu membaca hadis tentang syukur nikmat  dengan benar, fasih, dan tartil
4.      Melalui tugas pribadi peserta didik mampu menghafal QS. Az-Zuhruf:9-13, QS.Al-’Ankabut:17, dan   hadits tentang syukur nikmat
5.      Melalui pencarian dalam kamus, peserta didik mampu menunjukkan arti mufradat QS. Az-Zuhruf 9-13, QS. Al-Ankabut: 17, dan Hadis tentang syukur nikmat dengan benar
6.      Melalui diskusi peserta didik mampu mengartikan QS. Az-Zuhruf 9-13 dengan benar
7.      Melalui diskusi peserta didik mampu mengartikan QS. Al-Ankabut: 17 dengan benar
8.      Melalui diskusi peserta didik mampu mengartikan hadis tentang syukur nikmat dengan benar

Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.

B. MATERI PEMBELAJARAN.
     1.   Bacaan QS. Az-Zuhruf:9-13
2.     Bacaan QS.Al-’Ankabut:17
3.     Bacaan hadits tentang syukur nikmat
4.     Hafalan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS.Al-’Ankabut:17, dan   hadits tentang syukur
  nikmat
5.    Makna mufradat
6.    Arti QS. Az-Zuhruf:9-13
7.    Arti QS. Al-’Ankabut:17  
8.    Arti hadits tentang syukur nikmat

C. METODE PEMBELAJARAN
     1.  Pendekatan                : Active Learning
     2.  Model Pembelajaran :  Card Sort


D.LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN    
PERTE-MUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
1
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar syukur   nikmat
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
     a. Menggali informasi bersama-sama dengan peserta   didik tentang bacaan, arti mufradat, dan pengertian  yang berkaitan dengan syukur nikmat yang terdapat dalam QS. Al-Zuhruf :9-13, QS. Al Ankabut 17,dan hadis yang terkait.
      b. Mendata hasil presentasi dari ketua kelompok
2.  Elaborasi :    
     a. membagikan kertas yang sudah diisi kepada peserta didik
     b. kertas yang tulisannya menggunakan huruf kapital
         sebagai induk
     c. pemegang kertas induk sebagai ketua kelompok
     d. kertas induk ditempel di papan tulis
     e. peserta lain mengikuti menempel menyesuaikan
         induknya
f. ketua kelompok presentasi
3.  Konfirmasi
a.  Memberikan umpan balik dan penguatan atas
     keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi
     pelajaran
b.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan
     elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
c.  memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi
     setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     
d.  memberi fasilitas peserta didik untuk memperoleh
           pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, baik sebagai nara  sumber maupun membantu menyelesaikan  masalah, 
e.  memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang        atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemuan
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :   
    1. Kesan dan pesan selama proses pembelajara
    2. Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
    4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit
 E. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                    : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
   2. Bahan / Sumber  : Buku Qur’an Hadis, Paket Kementerian Agama RI untuk kelas XI MA
                                    : Buku- buku penunjang yang relevan.
F. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis
LEMBAR PENILAIAN
Aspek : Kognitif
1.      Bacalah QS. Az-Zuhruf 9-13 dengan benar, fasih, dan tartil  !
2.      Bacalah QS. Al-Ankabut:17 dengan benar, fasih, dan tartil  !
3.      Bacalah hadis tenang syukur nikmat  dengan benar, fasih, dan tartil  !
  1. Hafalkan  QS. Az-Zuhruf:9-13, QS.Al-’Ankabut:17, dan   hadits tentang syukur nikmat  !
  2. Tunjukkan  arti mufradat QS. Az-Zuhruf 9-13, QS. Al-Ankabut: 17, dan Hadis tentang syukur nikmat dengan benar  !
  3. Artikan QS. Az-Zuhruf 9-13 dengan benar !
  4. Artikan QS. Al-Ankabut: 17 dengan benar !
  5. Artikan hadis tentang syukur nikmat dengan benar !

No
Nama
No. Soal
Skor
Ket.
1
2
3
4
5
6
7
8


01











02












Keterangan:
No
 Nomor Jawaban
Skore Maksimal
No
Nomor Jawaban
Skore Maksimal
1
1
10
5
5
10
2
2
10
6
6
15
3
3
10
7
7
15
4
4
15
8
 8
 15











Penilaian Afektif
LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek     : Afektif
No
Pernyataan/Aspek yang dinilai
Skala
aspek
angka
Huruf
1
Peserta didik mengikuti pelajaran Qur’an hadis 
 5 aspek
 100
A
2
Peserta didik membawa buku ajar/ buku pegangan
 4 aspek
 90
B
3
Peserta didik membawa buku penunjang
 3 aspek
80
C
4
Peserta didik mencatat keterangan guru
 2 aspek
70
D
5
Peserta didik tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
1 aspek
 60
E
                                                                                                           
                                                                                                             Kudus,  21  Juli 2013                                                                                                             
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                               Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                               Drs. Saniman



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( R P P )
                                            No  : 02 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan         : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran               : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester           : XI / Gasal
Pertemuan ke                 : 2 
Alokasi Waktu               : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit
Standar Kompetensi  : Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat  Allah dan cara mensyukurinya
 Kompetensi Dasar       :  Menjelaskan isi kandungan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur

Indikator                         :  1.  Menjelaskan kandungan ayat tentang macam-macam karunia  nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf:
                                               9-13
2.    Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah berdo’a ketika naik kendaraan sebagaimana   terkandung dalam QS Az-Zuihruf :13
3.    Menjelaskan kandungan ayat tentang  mensyukuri nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam  QS.Al-‘Ankabut:17
4.    Menjelaskan kandungan ayat tentang cara mensyukuri nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam hadits tentang syukur nikmat

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
 Peserta didik mampu :
       1.  Menjelaskan kandungan ayat tentang macam-macam karunia  nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf:9-13
2.    Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah berdo’a ketika naik kendaraan sebagaimana   terkandung dalam QS Az-Zuihruf :13
3.    Menjelaskan kandungan ayat tentang  mensyukuri nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam  QS.Al-‘Ankabut:17
4.    Menjelaskan kandungan ayat tentang cara mensyukuri nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam hadits tentang syukur nikmat
Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.

B. MATERI AJAR :
1.                                                 QS. Az-Zuhruf:9-13
2.                                                 Membahas nikmat karunia Allah yang diberikan kepada manusia.
3.                                                 QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur.
4.                                                 Cara mensyukuri nikmat Allah

  1. METODE PEMBELAJARAN
     1.  Pendekatan                : Active Learning
     2.  Model Pembelajaran :  Card Sort
  
D.LANGKAH-LANGKAH  PEMBELAJARAN    
PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
1 dan 2
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar syukur   nikmat
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
     a. Menggali informasi bersama-sama dengan peserta   didik tentang kandungan  isi QS. Al-Zuhruf :9-13, QS. Al Ankabut 17,dan hadis yang terkait yang berkaitan dengan syukur nikmat .
      b. Mendata hasil presentasi dari ketua kelompok
2.  Elaborasi :    
     a. membagikan kertas yang sudah diisi kepada peserta didik
     b. kertas yang tulisannya menggunakan huruf kapital
         sebagai induk
     c. pemegang kertas induk sebagai ketua kelompok
     d. kertas induk ditempel di papan tulis
     e. peserta lain mengikuti menempel menyesuaikan
         induknya
f. ketua kelompok presentasi

3.  Konfirmasi
a.  Memberikan umpan balik dan penguatan atas
     keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi
     pelajaran
b.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan
     elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
c.  memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi
     setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     
d.  memberi fasilitas peserta didik untuk memperoleh
           pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, baik sebagai nara  sumber maupun membantu menyelesaikan  masalah, 
e.  memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang        atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
    1. Kesan dan pesan selama proses pembelajara
    2. Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
    4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit
 E. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                    : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
   2. Bahan / Sumber  : Buku Qur’an Hadis, Paket Kementerian Agama RI untuk kelas XI MA
                                    : Buku- buku penunjang yang relevan.
F. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

LEMBAR PENILAIAN
Aspek : Kognitif

  1. Jelaskan kandungan isi ayat tentang macam-macam karunia  nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf:9-13
  2. Jelaskan kandungan ayat tentang perintah berdo’a ketika naik kendaraan sebagaimana   terkandung dalam QS Az-Zuihruf :13
  3. Jelaskan kandungan ayat tentang  mensyukuri nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam  QS.Al-‘Ankabut:17
  4. Jelaskan kandungan ayat tentang cara mensyukuri nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam hadits tentang syukur nikmat

No
Nama
No. Soal
Skor
Ket.
1
2
3
4


01







02







Keterangan:
No
 Nomor Jawaban
Skore Maksimal



1
1
25



2
2
25



3
3
25



4
4
25














Penilaian Afektif
LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek     : Afektif
No
Pernyataan/Aspek yang dinilai
Skala
aspek
angka
Huruf
1
Peserta didik mengikuti pelajaran Qur’an hadis 
 5 aspek
 100
A
2
Peserta didik membawa buku ajar/ buku pegangan
 4 aspek
 90
B
3
Peserta didik membawa buku penunjang
 3 aspek
80
C
4
Peserta didik mencatat keterangan guru
 2 aspek
70
D
5
Peserta didik tepat waktu dalam mengumpulkan tugas
1 aspek
 60
E
                                                                                                            



                                                                                                            Kudus,  21  Juli 2013                                                                                                             
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                               Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                               Drs. Saniman












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 03 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan         : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran               : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester           : XI / Gasal
Pertemuan ke                 : 3 
Alokasi Waktu               : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit

Standar Kompetensi        :1.Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang
                                               nikmat   Allah dan cara mensyukurinya
Kompetensi Dasar           :1.3.Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Az-
                                                  Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur
Indikator                          : 1.3.1. Menunjukkan perilaku orang yang mengagungkan Allah
                                                       yang telah menciptakan alam .
1.3.2.      Menunjukkan perilaku orang memakmurkan bumi sebagai karunia Allah.
1.3.3.      Menunjukkan orang yang mengelola bumi dengan memanfaatkan air
1.3.4.      Menunjukkan perilaku  orang yang mengembangkan ciptaan Allah sebagai media transportasi.
1.3.5.      Menunjukkan perilaku orang yang selalu mensyukuri karunia Allah.
1.3.6.      Menunjukkan perilaku orang yang berdoa ketika naik kendaraan
1.3.7.      Menunjukkan perilaku orang yang pandai berterimakasih kepada sesama sebagai perwujudan syukur kepada Allah

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
 Peserta didik mampu :
1.      Menunjukkan perilaku orang yang mengagungkan Allah yang telah menciptakan alam .
2.      Menunjukkan perilaku orang memakmurkan bumi sebagai karunia Allah.
3.      Menunjukkan orang yang mengelola bumi dengan memanfaatkan air
4.      Menunjukkan perilaku  orang yang mengembangkan ciptaan Allah sebagai media transportasi.
5.      Menunjukkan perilaku orang yang selalu mensyukuri karunia Allah.
6.      Menunjukkan perilaku orang yang berdoa ketika naik kendaraan
7.      Menunjukkan perilaku orang yang pandai berterimakasih kepada sesama sebagai perwujudan syukur kepada Allah
Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.
 B.  MATERI AJAR :
       1.  Perilaku orang yang mengagungkan Allah yang telah menciptakan alam .
2.    Perilaku orang memakmurkan bumi sebagai karunia Allah.
3.    Orang yang mengelola bumi dengan memanfaatkan air
4.    Perilaku  orang yang mengembangkan ciptaan Allah sebagai media transportasi.
5.    Perilaku orang yang selalu mensyukuri karunia Allah.
6.    Perilaku orang yang berdoa ketika naik kendaraan
7.    Perilaku orang yang pandai berterimakasih kepada sesama sebagai perwujudan syukur kepada Allah

C.  METODE PEMBELAJARAN
1.      Model : Kooperatif Learning (Small Group)
2.      Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok;

D.      LANGKAH PEMBELAJARAN :
PERTEMU-AN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
 3
A.      Pendahuluaan
·           Siswa membaca do’a.
·           Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
·           Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah
Setiap pertemuan 5 menit
10    menit
B.       Kegiatan Inti
1.  Explorasi:
     a. Menggali informasi bersama-sama dengan peserta   didik tentang kandungan  isi QS. Al-Zuhruf :9-13, QS. Al Ankabut 17,dan hadis yang terkait yang berkaitan dengan syukur nikmat .
      b. Mendata hasil bacaan buku ajar.

2.  Elaborasi :    
a.         Setiap kelompok mencari jawaban sesuai dengan permasalahan yang ada {pengertian dan contoh macam-macam nikmat), dengan cara masing-masing anggota kelompok memberikan pendapat.
b.        Setiap kelompok membuat rumusan hasil jawaban dari pertanyaan yang ada
c.         Guru memandu proses diskusi masing- masing kelompok
3. Konfirmasi:
a.      Setiap kelompok  menyampaikan hasil jawabannya ( pengertian dan contoh satu  macam nikmat saja) . Kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan atau menyempurnakan jawaban berdasarkan hasil rumusan kelompok atau pendapat lain.
b.        Dilanjutkan tampilan kelompok lain dengan nikmat yang ke dua dengan cara yang sama. Dan seterusnya samapai macam nikmat yang terakhir.
c.         Guru dan siswa mendiskusikan permasalahan untuk mencapai kesepakatan bersama.
d.        Tanya jawab dengan guru apabila ada masalah yang belum dimengerti.
Setiap pertemuan
75. menit
C.   Penutup
·           Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
·           Guru memberikan tugas individu
·           Refleksi/Aplikasi Quantum.
·           Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”
Setiap pertemuan
10  menit

E. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
                                       -  Internet

F. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis


Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui
Kepala Madrasah,                                                                          Guru Mata Pelajaran



Drs. H. Moh. Said                                                                           Drs. Saniman























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 04 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan         : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran               : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester           : XI / Gasal
Pertemuan ke                 : 4 
Alokasi Waktu               : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit
Standar Kompetensi  : 1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
Kompetensi Dasar       :  1.4.  Mengidentifikasikan macam-  macam  nikmat  Allah.sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf: 9-13
Indikator                       :    1.4.1.  Menjelaskan maksud nikmat fitrah.
1.4.2.      Menunjukkan nikmat diniyah seperti terkandung dalam   QS az-Zuhruf :9
   1.4.3.  Menjelaskan maksud nikmat rohaniah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf : 12
   1.4.4. Menjelaskan nikmat alamiah sebagaimana terkandung  dalam QS az-Zuhruf : 10-11
1.4.5.      Menjelaskan maksud nikmat hayat.
1.4.6.      Menunjukkan contoh dari nikmat ikhtiariyah
1.4.7.      Menjelaskan maksud nikmat hurriyah

A.   TUJUAN PEMBELAJARAN
 Peserta didik mampu :
1.      Menjelaskan maksud nikmat fitrah.
2.      Menunjukkan nikmat diniyah seperti terkandung dalam QS az-Zuhruf :9
3.      Menjelaskan maksud nikmat rohaniah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf : 12
4.      Menjelaskan nikmat alamiah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf : 10-11
5.      Menjelaskan maksud nikmat hayat.
6.      Menunjukkan contoh dari nikmat ikhtiariyah
7.      Menjelaskan maksud nikmat hurriyah
Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.
B.       MATERI AJAR :
       1.   maksud nikmat fitrah.
2.     nikmat diniyah seperti terkandung dalam   QS az-Zuhruf :9
  3.   maksud nikmat rohaniah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf : 12
  4.   nikmat alamiah sebagaimana terkandung  dalam QS az-Zuhruf : 10-11
5.       maksud nikmat hayat.
6.       contoh dari nikmat ikhtiariyah
7.       maksud nikmat hurriyah

C.      METODE PEMBELAJARAN
1.      Model        : Kooperatif Learning (Small Group)
2.      Metode      : Kartu isian; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

D.      LANGKAH- LANGKAH PEMBELAJARAN :
PERTEMU AN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
 4
a.    Pendahuluaan
1.                     Siswa membaca do’a.
2.         Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
3.         Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah
Setiap pertemuan
10menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
     a. Menggali informasi bersama-sama dengan peserta   didik tentang kandungan  isi QS. Al-Zuhruf :9-13, QS. Al Ankabut 17,dan hadis yang terkait yang berkaitan dengan syukur nikmat .
      b. Mendata hasil presentasi dari ketua kelompok
2.  Elaborasi :    
     a. membagikan kertas yang sudah diisi kepada peserta  
        didik
     b. kertas yang tulisannya menggunakan huruf kapital
    sebagai induk
     c. pemegang kertas induk sebagai ketua kelompok
d. kertas induk ditempel di papan tulis
 e. peserta lain mengikuti menempel menyesuaikan
 induknya ketua kelompok presentasi
3.  Konfirmasi
a.  Memberikan umpan balik dan penguatan atas
     keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi
     pelajaran
b.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan
          elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
           bahan  ajar (misalnya)
c.  memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi
     setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     
d.  memberi fasilitas peserta didik untuk memperoleh
           pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, baik sebagai nara  sumber maupun membantu menyelesaikan  masalah, 
e.  memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang    
      atau belum berpartisipasi aktif.       
.
Setiap pertemuan
75  menit
a.     Penutup
1.         Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
2.         Guru memberikan tugas individu
3.         Refleksi/Aplikasi Quantum.

Setiap pertemuan
5 menit

E. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
F. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 05 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan         : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran               : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester           : XI / Gasal
Pertemuan ke                 : 5 
Alokasi Waktu               : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit

STANDAR KOMPETENSI:
1.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
KOMPETENSI  DASAR
1.5    Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dalam QS. Al-Ankabut: 17, dan hadits tentang syukur nikmat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
               Siswa dapat:
1.      Menfungsikan seluruh nikmat Allah sesuai syari’at ajaran Islam
2.      Melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangannya
3.      Mengucapkan terimakasih sebagai perwujudan rasa yukur.sebagaimana terkandung dalam hadits
4.      Mengucapkan lafadz alhamdulillah sebagai perwujudan rasa  syukur
5.      Menunjukkan perilaku qona’ah sebagai perwujudan rasa syukur.
6.      Melaksanakan perilaku bersyukur dengan melihat keadaan orang yang lebih rendah dari kita.
7.      Mengeluarkan zakat apabila telah memenuhi persyaratan.
8.      Bershodaqah kepada yang berhak sebagai wujud syukur bil maal
9.      Membantu dalam bentuk perbuatan terhadap orang yang mengalami kesulitan sebagai wujud syukur bil af ’aal.
Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.
B. INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR :
1.      Menfungsikan seluruh nikmat Allah sesuai syari’at ajaran Islam
2.      Melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangannya
3.      Mengucapkan terimakasih sebagai perwujudan rasa yukur.sebagaimana terkandung dalam hadits
4.      Mengucapkan lafadz alhamdulillah sebagai perwujudan rasa  syukur
5.      Menunjukkan perilaku qona’ah sebagai perwujudan rasa syukur.
6.      Melaksanakan perilaku bersyukur dengan melihat keadaan orang yang lebih rendah dari kita.
7.      Mengeluarkan zakat apabila telah memenuhi persyaratan.
8.      Bershodaqah kepada yang berhak sebagai wujud syukur bil maal
9.      Membantu dalam bentuk perbuatan terhadap orang yang mengalami kesulitan sebagai wujud syukur bil af ’aal.
10.  Menirukan perilaku orang yang selalu menunjukkan rasa syukurnya kepada Allah .
11.  Menghafalkan do’a naik kendaraan dan melaksanakannya
12.  Menghafalkan do’a mensyukuri nikmat dan melaksanakannya
C. MATERI PEMBELAJARAN :
Cara-cara mensyukuri nikmat Allah :
-   Billisan
-   Bil hal
-   Bil maal
-   Bil af ’aal
D. METODE PEMBELAJARAN
1.      Model : Kooperatif Learning (Small Group)
2.      Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
E. LANGKAH PEMBELAJARAN :

PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
1 dan 2
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar syukur   nikmat
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
     a. Menggali informasi bersama-sama dengan peserta   didik tentang kandungan  isi QS. Al-Zuhruf :9-13, QS. Al Ankabut 17,dan hadis yang terkait yang berkaitan dengan syukur nikmat .
      b. Mendata hasil presentasi dari ketua kelompok
2.  Elaborasi :    
a.       Menfungsikan seluruh nikmat Allah sesuai syari’at ajaran Islam
b.      Melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangannya
c.       Mengucapkan terima kasih sebagai perwujudan rasa yukur.sebagaimana terkandung dalam hadits
d.      Mengucapkan lafadz alhamdulillah sebagai perwujudan rasa  syukur
e.       Menunjukkan perilaku qona’ah sebagai perwu-judan rasa syukur.
f.       Melaksanakan perilaku bersyukur dengan melihat keadaan orang yang lebih rendah dari kita.
g.      Mengeluarkan zakat apabila telah memenuhi persyaratan.
h.      Bershodaqah kepada yang berhak sebagai wujud syukur bil maal
i.        Membantu dalam bentuk perbuatan terhadap orang yang mengalami kesulit-an sebagai wujud syukur bil af ’aal.
j.        Menirukan perilaku orang yang selalu menunjukkan rasa syukurnya kepada Allah .
k.      Menghafalkan do’a mensyukuri nikmat dan melaksanakannya
3.  Konfirmasi
a.  Memberikan umpan balik dan penguatan atas
     keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi
     pelajaran
b.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan
     elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
c.  memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi
     setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     
d.  memberi fasilitas peserta didik untuk memperoleh
           pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, baik sebagai nara  sumber maupun membantu menyelesaikan  masalah, 
e.  memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang        atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
    1. Kesan dan pesan selama proses pembelajara
    2. Rekomendasi bagi pembelajaran berikutnya
3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
    4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit
F. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
G. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 06 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan         : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran               : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester           : XI / Gasal
Pertemuan ke                 : 6
Alokasi Waktu               : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit

STANDAR KOMPETENSI:
2.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup

KOMPETENSI  DASAR
2.1    Mengartikan dan membaca Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
               Siswa dapat:
1.      Membaca QS. Ar-Rum: 41-42; Al-A’rof: 56-58  ; QS. Shad:7; Al-Furqon: 45-50  
    QS Al-Baqarah204-206
2.      Mengartikan QS. Ar-Rum: 41-42; Al-A’rof: 56-58  ; QS. Shad:7; Al-Furqon: 45-
   50; QS Al-Baqarah204-206
3.      Menyebutkan makna mufradat

Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.

B. INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR :
1.      Membaca QS. Ar-Rum: 41-42
2.      Membaca QS. Al-A’rof: 56-58 
3.      Membaca QS. Shad:7
4.      Membaca QS. Al-Furqon: 45-50   
5.      Membaca QS Al-Baqarah204-206
6.      Menyebutkan makna mufradat
7.      Mengartikan QS. Ar-Rum: 41-42
8.      Mengartikan QS. Al-A’rof: 56-58 
9.      Mengartikan. QS. Shad:7
10.  Mengartikan. QS. Al-Furqon: 45-50   
11.  Mengartikan. QS. Al-Baqarah204-206
12.  Menyebutkan makna mufradat

C. MATERI PEMBELAJARAN :
Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50
dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
D. METODE PEMBELAJARAN
  1. Model : Kooperatif Learning (Small Group)
  2. Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

E.     LANGKAH PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
6
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar syukur   nikmat
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
  1. Menggali informasi bersama-sama dengan peserta   didik tentang kandungan  isi QS. Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206.
  2. Mendata hasil penelusuran  makna mufradat.

2.  Elaborasi :    
  1. Menfungsikan kamus bahasa Arab sebagai satu-satunya informasi tentang makna.
  2. Membagi perkelompok untuk mencari arti masing-masing ayat
  3. Hasil penelusuran kelompok dikonfirmasi oleh kelompok lain.
3.  Konfirmasi
a.  Memberikan umpan balik dan penguatan atas
     keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi
     pelajaran
b.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan
     elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
c.  memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi
     setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     
d.  memberi fasilitas peserta didik untuk memperoleh
           pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, baik sebagai nara  sumber maupun membantu menyelesaikan  masalah, 
e.  memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang        atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
  1. Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
  2. Rekomendasi bagi pembelajaran berikut
  3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
  4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit

F. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
G. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 07 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan         : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran               : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester           : XI / Gasal
Pertemuan ke                 : 7
Alokasi Waktu               : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit

STANDAR KOMPETENSI:
2.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
KOMPETENSI  DASAR
2.2    M enjelaskan kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
               Siswa dapat:
         1. Menjelaskan kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42,
         2. Menjelaskan QS.Al-A’rof: 56-58;
         3. Menjelaskan QS. Shad:27.;
         4. Menjelaskan QS. Al-Furqon: 45-50 dan 
         5. Menjelaskan QS. Al-Baqoroh: 204-206
Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.

B. INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR :
1.      Menjelaskan kandungan ayat ten-tang akibat perbuatan manusia yang baik dan buruk sebagaimana terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41-42
2.      Menjelaskan kandungan ayat ten-tang  larangan membuat kerusakan dimuka bumi seperti  terkandung dalam QS Al-A’rof:56-58.
3.      Menjelaskan kandungan ayat tentang  pendayagunaan sumber alam seperti terkandung dalam  QS.Al-Furqon:45-50.
4.      Menjelaskan kandungan ayat tentang semua ciptaan Allah pasti ada hikmahnya sebagaimana terkandung dalam QS. Shad:27.
5.      Menjelaskan asbabun nuzul QS Al-Baqarah 204-205
6.      Menjelaskan kandungan ayat tentang perbuatan munafiq  sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Baqqoroh:204-206
C. MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Q.S. Ar-Rum: 41-42
2.      QS.Al-A’rof: 56-58
3.      Inti materi :
-   Akibat yang baik dan buruk dari perbuatan manusia
-   Larangan membuat kerusakan QS Shad:27
1.      Allah menciptakan segala sesuatu pasti ada hikmahnya QS. Al-Furqon: 45-50
2.      Pendayagunaan sumber alam karunia Allah QS. Al-Baqarah: 204-206.
3.      Perbuatan munafik yang menyebabkan rusaknya lingkungan
D. METODE PEMBELAJARAN
1.      Model : Kooperatif Learning (Small Group)
2.      Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

E. LANGKAH PEMBELAJARAN :

PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
7
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar syukur   nikmat
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
  1. Menggali informasi bersama-sama dengan peserta   didik tentang kandungan  makna  Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206.
  2. Mendata hasil penelusuran kelompok  tentang kandungan makna pada masing-masing ayat.
2.  Elaborasi :    
  1. Menfungsikan kamus bahasa Arab sebagai satu-satunya informasi tentang makna.
  2. Membagi perkelompok untuk mencari isi kandungan masing-masing ayat
  3. Hasil penelusuran kelompok dikonfirmasi oleh kelompok lain.
3.  Konfirmasi
a.  Memberikan umpan balik dan penguatan atas
     keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi
     pelajaran
b.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan
     elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
c.  memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi
     setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     
d.  memberi fasilitas peserta didik untuk memperoleh
           pengalaman belajar yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, baik sebagai nara  sumber maupun membantu menyelesaikan  masalah, 
e.  memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang        atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
  1. Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
  2. Rekomendasi bagi pembelajaran berikut
  3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
  4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit

F. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
G. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 08 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan         : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran               : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester           : XI / Gasal
Pertemuan ke                 : 8
Alokasi Waktu               : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit

STANDAR KOMPETENSI:
2.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
KOMPETENSI  DASAR
2.3    Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’raf: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
               Siswa dapat:
         1. Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan Q.S. Ar-Rum: 41-42,
         2. Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS.Al-A’rof: 56-58;
         3. Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS. Shad:27.;
         4. Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Furqon: 45-50 dan 
         5. Menunjukkan  perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Baqoroh: 204-206

Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.

B. INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR :
1.      Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat baik dan orang yang berbuat buruk.
2.      Menunjukkan perilaku orang yang menjaga kelestarian lingkungan hidup.
3.      Menunjukkan perilaku orang yang pandai mengambil hikmah dari setiap ciptaan Allah.
4.      Menunjukkan perilaku orang yang mendayagunakan sumber alam
5.      Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat munafik
C.    Materi Pembelajaran :
1.      Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
D.    Metode Pembelajaran
2.      Model : Kooperatif Learning (Small Group)
3.      Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

E.     Langkah Pembelajaran :

PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
8
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar syukur   nikmat dalam  rangkan menjaga lingkungan hidup.
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
  1. Menggali informasi bersama-sama tiap peserta   didik tentang lingkungan hidup yang terdapat dalam  Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206.
  2. Mendata dan mencatat hasil pengamatan  kelompok  tentang kriteria lingkungan hidup pada masing-masing ayat.

2.  Elaborasi :    
  1. Memberikan pemaknaan kebersihan lingkungan sebagai pelestarian lingkungnan hidup dalam sekala kecil.
  2. Merumuskan kriteria lingkungan hidup menurut pandangan peserta didik.
  3. Merumuskan kriteria lingkungan hidup menurut pandangan pakar.
3.  Konfirmasi
  1. Hasil penelusuran kelompok dikonfirmasi oleh kelompok lain.
  2. Memberikan umpan balik dan penguatan atas    keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran
  3.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  4. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi  setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang      atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
  1. Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
  2. RekomMendasi bagi pembelajaran berikut
  3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
  4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit

F. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
G. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 09 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan        : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran              : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester          : XI / Gasal
Pertemuan ke                : 9 
Alokasi Waktu              : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit
STANDAR KOMPETENSI:
2.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
KOMPETENSI  DASAR
2.4    Menerapkan prilaku menjaga  kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan QS. Shad:27. QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206
A. TUJUAN PEMBELAJARAN:
               Siswa dapat:
     1. Menerapkan prilaku menjaga  kelestarian lingkungan hidup sebagaimana
          terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan
     2. Menerapkan prilaku menjaga  kelestarian lingkungan hidup sebagaimana
          terkandung dalam QS. Shad:27. QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh:
          204-206

Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.

B. INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR :
1.      Mengadakan perjalanan di bumi untuk mengambil pelajaran dari setiap peristiwa
2.      Melaksanakan aktifitas yang ada manfaatnya dan berakibat baik.
3.      melaksanakn gerakan pelestarian lingkungan hidup yang baik.
4.      Mengadakan kegiatan bakti sosial untuk membantu orang yang sangat memerlukan.
5.      Menggunakan cahaya matahari untuk memenuhi keperluan sehari-hari
6.      Membuat jadwal kegiatan rutin yang dilaksanakan secara disiplin untuk penggunaan waktu secara  efektif.
7.      Meninggalkan perilaku munafik


C. MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;
2.      QS. Shad:27.; 
3.      QS. Al-Furqon: 45-50 dan 
4.      QS. Al-Baqoroh: 204-206
D. Metode Pembelajaran
1.      Model : Kooperatif Learning (Small Group)
2.      Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi

A.    Langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
9
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar menjaga lingkungan hidup.
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
  1. Menggali informasi bersama-sama tiap peserta   didik tentang penerapan menjaga lingkungan hidup yang terdapat dalam  Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206.
  2. Mendata dan mencatat hasil pengamatan  kelompok  tentang kriteriapenerapan menjaga lingkungan hidup.

2.  Elaborasi :    
  1. Memberikan cara penerapan kebersihan lingkungan sebagai pelestarian lingkungnan hidup dalam sekala kecil.
  2. Merumuskan kriteria penerapan  kebersihan lingkungan hidup oleh peserta didik.
  3. Cara penanganan  kebersihan lingkungan hidup menurut pandangan pesertaa didik.
3.  Konfirmasi
  1. Hasil penelusuran kelompok/ individu dikonfirmasi oleh kelompok lain.
  2. Memberikan umpan balik dan penguatan atas    keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran
  3.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  4. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi  setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang      atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
  1. Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
  2. RekomMendasi bagi pembelajaran berikut
  3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
  4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit

F. ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
G. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 10 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013



Satuan Pendidikan        : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran              : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester          : XI / Gasal
Pertemuan ke                : 10
Alokasi Waktu              : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit

STANDAR KOMPETENSI:
3.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa .
KOMPETENSI  DASAR
3.1    Mengartikan QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa
INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR :
3.1.1. Mengartikan  QS. Al-Qoshosh: 79-82.
3.1.2. Mengartikan QS. Al-Isro’: 26-27. 
3.1.3. Mengartikan QS. Al-Isro’: 29-30. 
3.1.4. Mengartikan QS. Al-Baqarah: 177.
3.1.5. Mengartikan Hadits. tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
               Siswa dapat:  
               1. Mengartikan QS. Al-Qoshosh: 79-82;   
               2. Mengartikan QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30 ,  
               3. Mengartikan QS. Al Baqarah : 177 
               4. Mengartikan hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni
                    kaum dhu’afa
Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.

B. MATERI PEMBELAJARAN :
-       QS. Al-Qoshosh: 79-82,
-       QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30
-       QS. Al Baqarah : 177 
-       Hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa
C. METODE PEMBELAJARAN
1.      Model : Kooperatif Learning (Information Search)
2.      Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi
D. LANGKAH PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
10
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar pola hidup sederhana.
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
  1. Menggali informasi bersama-sama tiap peserta   didik tentang arti/ makna tentang pola hidup sederhana terdapat dalam  Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206.
  2. Mendata dan mencatat hasil pengamatan  kelompok  tentang  hidup sederhana dan menyantuni para dhu’afa.
2.  Elaborasi :    
  1. Mencari arti dan makna pola hidup sederhana dan menyantuni para dhu’afa dalam kamus.
  2.  Masing-masing kelompok bertugas mencari arti dan makna setiap ayat.
  3. Secara bergantian setiap kelompok memaparkan hasil pencariannya.
3.  Konfirmasi
  1. Hasil penelusuran kelompok/ individu dikonfirmasi oleh kelompok lain.
  2. Memberikan umpan balik dan penguatan atas    keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran
  3.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  4. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi  setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang      atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
  1. Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
  2. RekomMendasi bagi pembelajaran berikut
  3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
  4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit

E.  ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
F. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 11 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan        : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran              : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester          : XI / Gasal
Pertemuan ke                : 11
Alokasi Waktu              : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit
STANDAR KOMPETENSI:
3.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa .
KOMPETENSI  DASAR
3.2    Menjelaskan kandungan QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa
 INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR :
3.2.1. Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap sombong yang dilakukan Qarun  seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh:79-82.
3.2.2. Menjelaskan asbabun nuzul QS Al-Isra’:26
3.2.3. Menjelaskan kandungan ayat tentang menyantuni kerabat, orang miskin dan ibnu sabil sebagaimana terkandung dalam QS Al-Isra’: 26
3.2.4. Menjelaskan kandungan ayat tentang  hidup sederhana seperti yang terkandung dalam QS Al-Isra; 26-27
3.2.5. Menjelaskan kandungan ayat tentang  larangan kikir  dan akibatnya
     seperti  terkandung dalam QS Al-Isro’:29.
3.2.6. Menjelaskan kandungan ayat tentang kekuasaan Allah dalam
           melimpahkan rizki kepada yang dikehendaki  seperti  terkandung dalam 
           QS.Al-Isro’:29-30.
3.2.7. Menjelaskan asbabun nuzul QS Al-aqarah:177
3.2.8. Menjelaskan kandungan ayat tentang  menyantuni kerabat, anak yatim,
          orang miskin, ibn sabil, orang meminta-minta dan riqab seperti 
          terkandung dalam QS. Al-Baqoroh:177.
3.2.9. Menjelaskan kandungan hadits tentang pola hidup sederhana dan
         perintah menyantuni kaum dhu’afa’

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
               Siswa dapat:
         1. Menjelaskan kandungan :
               QS. Al-Qoshosh: 79-82; 
               QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30,
               QS. Al Baqarah : 177 
         2. Dan kandungan hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa

Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.
B. MATERI PEMBELAJARAN :
Penjelasan
-       QS. Al-Qoshosh: 79-82
-       QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30
-       QS. Al Baqarah : 177 
-       Hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa
C. METODE PEMBELAJARAN
1.      Model : Kooperatif Learning (Information Search)
2.      Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi
D. LANGKAH PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
11
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar pola hidup sederhana.
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
  1. Menggali informasi bersama-sama tiap peserta   didik tentang kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206. tentang pola hidup sederhana.
  2. Mendata dan mencatat hasil pengamatan  kelompok  tentang  hidup sederhana dan menyantuni para dhu’afa yang terdapat dalam hadits.
2.  Elaborasi :    
  1. Mencari dan menentukan makna pola hidup sederhana dan menyantuni para dhu’afa dalam kamus yang terkandung ayat dan hadits.
  2.  Masing-masing kelompok bertugas mencari arti dan makna setiap ayat.
  3. Secara bergantian setiap kelompok memaparkan hasil pencariannya.
3.  Konfirmasi
  1. Hasil penelusuran kelompok/ individu dikonfirmasi oleh kelompok lain.
  2. Memberikan umpan balik dan penguatan atas    keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran
  3.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  4. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi  setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang      atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
  1. Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
  2. RekomMendasi bagi pembelajaran berikut
  3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
  4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit
E.  ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
F. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 12 /QH/ XI / MA./Gasal / 2012

Satuan Pendidikan        : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran              : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester          : XI / Gasal
Pertemuan ke                : 12
Alokasi Waktu              : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit

STANDAR KOMPETENSI:
3.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa .
KOMPETENSI  DASAR
3.3    Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang meng-amalkan QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa
INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR :
3.3.1. Menunjukkan perilaku orang tidak sombong dan berpola hidup sederhana
           seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh:79-82.
3.3.2. Menunjukkan perilaku orang berilmu dalam menanggapi sikap sombong
          seseorang seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh:79-82.
3.3.3. Menunjukkan perilaku orang yang Menyantuni kerabat, orang miskin dan
           ibnu sabil seperti  terkandung dalam QS Al-Isro’:26-27.
3.3.4. Menunjukkan perilaku orang yang hidup sederhana seperti yang
          terkandung dalam QS Al-Isra; 26-27
3.3.5. Menunjukkan akibat perilaku orang yang kikir seperti  terkandung dalam 
           QS.Al-Isro’:29-30.
3.3.6. Menunjukkan perilaku orang yang menyantuni kerabat, anak yatim, orang
           miskin, ibn sabil, orang meminta-minta dan riqab seperti  terkandung
           dalam QS. Al-Baqoroh:177.
3.3.7. Menunjukkan perilaku orang yang menyantuni kaum dhu’afa seperti yang
          terkandung hadits
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
               Siswa dapat:
         1. Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang meng-amalkan QS. Al-Qoshosh:
             79-82; 
         2. Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang meng-amalkan QS. Al-Isro’: 26-
             27, 29-30,
         3. Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang meng-amalkan QS. Al Baqarah :
             177 
         4. Mengidentifikasi perilaku orang – orang yang meng-amalkan hadits tentang
              hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa
Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.
B. Materi Pembelajaran :
1.      Perilaku  yang terkandung dalam QS. Al-Qoshosh: 79- 82
2.      Kisah Karun dan kekayaannya yang harus menjadi pelajaran bagi manusia  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30
3.      Hidup sederhana dengan tidak berlebih-lebihan
4.      Larangan kikir  QS. Al Baqarah : 177 
5.      Pokok-pokok kebaikan diantaranya menyantuni kaum dhu'afa.
6.      Hadits tentang hidup sederhana dan perintah menyantuni kaum dhu’afa
C. Metode Pembelajaran
1.      Model : Kooperatif Learning (Information Search)
2.      Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi
D. Langkah Pembelajaran :
PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
12
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar pola hidup sederhana.
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
  1. Menggali informasi bersama-sama tiap peserta   didik tentang identifikasi perilaku orang yang mengamalkan  Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206 tentang pola hidup sederhana.
  2. Mencatat hasil pengamatan  kelompok  tentang perilaku  hidup sederhana dan menyantuni para dhu’afa yang terdapat dalam hadits.
2.  Elaborasi :    
  1. Menenentukan indentitas perilaku pola hidup sederhana dan menyantuni para dhu’afa dalam kamus yang terkandung ayat dan hadits.
  2.  Masing-masing kelompok bertugas mengidentifikasi perilaku hidup sederhana.
  3. Secara bergantian setiap kelompok memaparkan hasil pencariannya.
3.  Konfirmasi
  1. Menyimpulkan hasil penelusuran kelompok/ individu tentang identifikasi pola  hidup sederhana.
  2. Memberikan umpan balik dan penguatan atas    keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran
  3.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber
  4. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi  setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang      atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
  1. Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
  2. RekomMendasi bagi pembelajaran berikut
  3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
  4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit

E.  ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
F. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( R P P )
No  : 13 /QH/ XI / MA./Gasal / 2013

Satuan Pendidikan        : MA NU Banat Kudus
Mata Pelajaran              : Qur’an Hadis
 Kelas / Semester          : XI / Gasal
Pertemuan ke                : 13
Alokasi Waktu              : 1 mg x 2 jp = 4 jp @45 menit

STANDAR KOMPETENSI:
3.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para dhu’afa .
KOMPETENSI  DASAR
3.4    Menerapkan perilaku sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa
INDIKATOR KEBERHASILAN BELAJAR :
3.4.1. Menampilkan sikap yang rendah hati(tidak sombong)
3.4.2. Bersikap yang bijaksana sebagai orang yang berilmu
3.4.3. Memiliki sifat yang sabar dalam menghadapi ujian.
3.4.4. Membiasakan menyantuni kerabat, orang miskin dan ibnu sabil
3.4.5. Menampilkan sikap yang sederhana dalam kehidupan .
3.4.6. Berakhlak mulia terhadap kerabat, anak yatim, orang miskin, ibn sabil,
          orang meminta-minta dan riqab
3.4.7. Menunjukkan sikap peduli dengan menyantuni kaum dhuafa’
3.4.8. Memprakarsai kegiatan-kegiatan sosial untuk membantu kaum dhu’afa

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
               Siswa dapat:
         1. Menerapkan perilaku orang – orang yang meng-amalkan QS. Al-Qoshosh:
             79-82; 
         2. Menerapkan perilaku orang – orang yang meng-amalkan QS. Al-Isro’: 26-
             27, 29-30,
         3. Menerapkan perilaku orang – orang yang meng-amalkan QS. Al Baqarah :
             177 
         4. Menerapkan perilaku orang – orang yang meng-amalkan hadits tentang
              hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa
Karakter Peserta didik yang diharapkan dalam materi pelajaran ini adalah :
Religis, jujur, disiplin, tekun, tanggung jawab, saling menghormati, gotong royong,  toleransi.

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1.      Penerapan perilaku sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa seperti terkandung dalam QS. Al-Qoshosh: 79-82;  QS. Al-Isro’: 26-27, 29-30, QS. Al Baqarah : 177  dan hadits tentang hidup sederhana. dan perintah menyantuni para dhu’afa
C. METODE PEMBELAJARAN
2.      Model : Kooperatif Learning (Information Search)
3.      Metode: Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Simulasi, Refleksi
D. LANGKAH PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN
RINCIAN KEGIATAN
WAKTU
13
A. Kegiatan Awal:
     - Memeriksa kesiapan peserta didik
     - Mengucapkan salam
     - Appersepsi: peserta didik diberi pertanyaan sekitar pola hidup sederhana dan penerapannya.
     - Memberi motivasi kepada peserta didik
- Penyampaian tujuan pembelajaran dan rencana kegiatan. 
Setiap pertemu-an
10 menit
B. Kegiatan Inti :
1.  Explorasi :
  1. Menggali informasi oleh peserta   didik tentang penerapkan perilaku orang yang mengamalkan  Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.;  QS. Al-Furqon: 45-50 dan  QS. Al-Baqoroh: 204-206 tentang pola hidup sederhana.
  2. Mencatat hasil pengamatan  kelompok  tentang perilaku  hidup sederhana dan menyantuni para dhu’afa yang terdapat dalam hadits.
2.  Elaborasi :    
  1. Mengadakan simulasi tentang penerapan perilaku pola hidup sederhana dan menyantuni para dhu’afa dalam kehidupan sehari-hari.
  2.  Masing-masing kelompok dapat mensimulasikan perilaku hidup sederhana dan menyantuni kaum dhu’afa.
  3. Secara bergantian setiap kelompok dapat memaparkan hasil simulasinya.
3.  Konfirmasi
  1. Menyimpulkan hasil simulasi kelompok/ individu tentang bagaimana menerapkan pola  hidup sederhana.
  2. Memberikan umpan balik dan penguatan atas    keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi pelajaran
  3.  Memberikan konfirmasi atas hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sikap.
  4. Memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi  setelah melakukan eskplorasi dan konfirmasi     memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang      atau belum berpartisipasi aktif.       
Setiap pertemu-an
75 menit
C. Kegiatan Akhir/Penutup :    
  1. Kesan dan pesan selama proses pembelajaran
  2. RekomMendasi bagi pembelajaran berikut
  3. Kesimpulan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
  4. Penutup. 
Setiap pertemu-an
5 menit

E.  ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
     1. Alat                     : Papan tulis, kertas, spidol, isolasi
     2. Bahan / Sumber  : -  Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
 -  Lilis fauziyah-Andi Setyawan,  Kebenaran Al-Qur’an dan Hadits
                                       -  Hasan Ahmad ‘Abidin, Huququl Insan wa Wajibatuhu fil Qur’an
                                       -  Maktabah Syamilah, dalam CD
                                       -  Internet
F. PENILAIAN
    1. Teknik Penilaian : Non tes dan tes tertulis
    2. Aspek                  : Kognitif, Psikomotorik,Afektif
    3. Bentuk Instrumen: Pengamatan kinerja dan uraian tertulis

Kudus,    Juli,  2013
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mata Pelajaran


Drs. H. Moh. Said                                                                    Drs. Saniman