Nama yang terpakai sebagai "Wong Kudus" bukan mewakili orang-orang kudus. Ini hanyalah nama yang saya pakai sejak dulu, 1978, dengan kata padanan bahasa Arab: el-Qudsie. Blog (Kaki5) ini dimaksudkan untuk memberi informasi, khusus, kepada peserta didik MA NU Banat Kudus dapat menengok mapel yang diajarkan. Dan umumnya kepada para pihak yang membutuhkannya. Di samping itu, artikel/ tulisan yang ada berasal dari tulisan saya sendiri atau sumber lain yang dapat dirujuk.
Sabtu, 16 April 2011
SKL Ke NU an
STANDAR KOPETENSI LULUSAN (SKL) UJIAN MADRASAH
MANU BANAT KUDUS
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Mata Pelajaran : Ke NU an Bentuk Ujian : Tertulis
No Stantadar Kopetensi Kompetensi Dasar Indikator
1 Memahami Amaliyah Rutin Warga NU Menjelaskan nilai-nilai doa iftitah, qunut, dan ziarah kubur 1. Menjelaskan pengertian doa iftitah
2. Menjelaskan pengertian doa qunut
3. menjelaskan manfaat ziarah kubur
2 Memahami hukum taklid, ittiba', ijtihad dan talfiq Menerangkan formulasi hukum taklid, ittiba', ijtihad dan talfiq 1. Menjelaskan pengertian taklid
2. Menjelaskan pengertian ittiba'
3. Menjelaskan pengertian ijtihad
4. Menjelaskan pengertian talfiq
3 Memahami nilai-nilai dasar NU Menjelaskan nilai-nilai dasar NU dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari 1. menjelaskan pengertian Mabadi
khairo Ummah
2. menjelaskan tujuan Mabadi khairo
ummah
4 Mengidentifikasikan ,menganalisis, dan memedomani perilaku kaum Nahdliyin dalam kehidupan pribadi dan bersama masyarakat Menerapkan perilaku warga NU dalam kehidupan sehari-hari 1. Menyebutkan ciri perilaku keagama-
an NU di bidang akidah
2. Menyebutkan ciri perilaku keagama-
an NU di bidang akidah
3. Menyebutkan ciri perilaku keagama-
an NU di bidang akhlak
5 Mengidentifikasikan, menganalisis, dan memedomani ukhuwah Nahdliyah dalam kehidupan sehari-hari. Menerapkan ukhwah nahdliyah dalam kehidupan sehari-hari 1. menyebutrkan macam-macam
ukhuwah
2. Menjelaskan pengertian ukhuwah
islamiyah, ukhuwah wathaniyah
dan ukhuwah islamiyah
3. Menyebut kendala dan hambatan
dalam pengembangan wawasan
ukhuwah
4. Menyebutkan pandangan NU
dalam melestarikan ukhuwah
6 Memahami proses lahirnya dan dinamika khittah Nahdliyah Menganalisis kedudukan khittah Nahdliyah dan mampu mensosialisasikannya dalam kehidupan sehari-hari 1. Menjelaskan pengertian dan subtan-
si khittah Nahdliyah
2. Menjelaskan latar belakang khittah
Nahdliyah
3. Menjelaskan tujuan khittah nahdliyah
4. Menyebutkan butir-butir khittah
nahdliyah dalam Muktamar 27/1984
5. Menjelaskan strategi NU dalam men-
sosialisasikan khittah Nahdliyah
7 Memahami organisasi Kemahasiswaan yang berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah Menjelaskan sejarah, sistem dan organisasi PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia 1. Menerangkan latar belakang pem-
bentukan PMII
2. Menunjukkan sistem organisasi PMII
3. Menyebutkan tokoh-tokoh pendiri dan
penerus PMII
4. Menjelaskan organisasi Korp PMII Putri
5. Memberikan contoh peran PMII bagi
mahasiswa NU
Kudus, 10 Pebruari 2011
Mengetahui: Koordinator
Kepala Madrasah Guru Mapel
Drs. H. Moh Said Drs. Saniman
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
salam kenal, Gus Sani.
BalasHapusPernah mengaji pada Mbah Ali, ya Gus? Saya sekarang mengajar di SMP Ali Maksum.
Terima kasih telah vote saya dan terima kasih pula doanya.
Assalammua'laikum Pak Saniman, Bagaimana kabarnya? Moga tambah sukses ya pak. Dari alumni Banat. Wasalam
BalasHapus