RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA NU Banat Kudus
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran (2 x 45 menit)
Pertemuan : I
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengartikan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukuir nikmat
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Membaca QS. Az-Zuhruf:9-13
§ Membaca QS.Al-’Ankabut:17
§ Membaca hadits tentang syukur nikmat
§ Menyebutkan makna mufradat
§ Mengartikan QS. Az-Zuhruf:9-13
§ Mengartikan QS. Al-’Ankabut:17
§ Mengartikan hadits tentang syukur nikmat
D. Materi Pembelajaran :
§ Arti QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah
o Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi 7 kelompok (sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas).
§ Guru membagikan bahan permasalahan kepada masing-masing kelompok.
§ Setiap kelompok mencari jawaban sesuai dengan permasalahan yang ada {pengertian dan contoh macam-macam nikmat), dengan cara masing-masing anggota kelompok memberikan pendapat
§ Setiap kelompok membuat rumusan hasil jawaban dari pertanyaan yang ada
§ Guru memandu proses diskusi masing- masing kelompok
§ Setiap kelompok menyampaikan hasil jawabannya ( pengertian dan contoh satu macam nikmat saja) . Kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan atau menyempurnakan jawaban berdasarkan hasil rumusan kelompok atau pendapat lain.
§ Dilanjutkan tampilan kelompok lain dengan nikmat yang ke dua dengan cara yang sama. Dan seterusnya samapai macam nikmat yang terakhir.
§ Guru dan siswa mendiskusikan permasalahan untuk mencapai kesepakatan bersama. . .
§ Tanya jawab dengan guru apabila ada masalah yang belum dimengerti.
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta, Pustaka Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Juli, 2010
Mengetahui,
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Moh. Said Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA NU Banat Kudus
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Pertemuan : II
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
B. Kompetensi Dasar
1.2 Menjelaskan isi kandungan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang macam-macam karunia nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf:9-13
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang perintah berdo’a ketika naik kendaraan sebagaimana terkandung dalam QS Az-Zuihruf :13
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang mensyukuri nikmat Allah sebagaimana yang terkandung dalam QS.Al-‘Ankabut:17
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang cara mensyukuri nikmat Allah sebagaimana terkandung dalam hadits tentang syukur nikmat
D. Materi Pembelajaran :
§ QS. Az-Zuhruf:9-13
§ Membahas nikmat karunia Allah yang diberikan kepada manusia.
§ QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur.
§ Cara mensyukuri nikmat Allah
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah
o Kegiatan Inti
§ Menggali informasi mengenai nikmat Allah dan cara mensyukurinya dari berbagai sumber belajar.
§ Membahas satu persatu kandungan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya dengan tanya jawab dan diskusi kelompok
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta,
§ M.Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Juli, 2010
Mengetahui,
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Moh. Said Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA NU Banat Kudus
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Pertemuan : III
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
B. Kompetensi Dasar
1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Az-Zuhruf:9-13, QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menunjukkan perilaku orang yang mengagungkan Allah yang telah menciptakan alam .
§ Menunjukkan perilaku orang memakmurkan bumi sebagai karunia Allah.
§ Menunjukkan orang yang mengelola bumi dengan memanfaatkan air
§ Menunjukkan perilaku orang yang mengembangkan ciptaan Allah sebagai media transportasi.
§ Menunjukkan perilaku orang yang selalu mensyukuri karunia Allah.
§ Menunjukkan perilaku orang yang berdoa ketika naik kendaraan
§ Menunjukkan perilaku orang yang pandai berterimakasih kepada sesama sebagai perwujudan syukur kepada Allah
D. Materi Pembelajaran :
§ QS. Az-Zuhruf:9-13
§ Membahas nikmat karunia Allah yang diberikan kepada manusia.
§ QS. Al-Ankabut:17 dan hadts tentang syukur.
§ Cara mensyukuri nikmat Allah
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah
o Kegiatan Inti
§ Siswa dibagi 7 kelompok (sesuai dengan pokok permasalahan yang akan dibahas).
§ Guru membagikan bahan permasalahan kepada masing-masing kelompok.
§ Setiap kelompok mencari jawaban sesuai dengan permasalahan yang ada {pengertian dan contoh macam-macam nikmat), dengan cara masing-masing anggota kelompok memberikan pendapat
§ Setiap kelompok membuat rumusan hasil jawaban dari pertanyaan yang ada
§ Guru memandu proses diskusi masing- masing kelompok
§ Setiap kelompok menyampaikan hasil jawabannya ( pengertian dan contoh satu macam nikmat saja) . Kelompok lain memperhatikan dan memberi tanggapan atau menyempurnakan jawaban berdasarkan hasil rumusan kelompok atau pendapat lain.
§ Dilanjutkan tampilan kelompok lain dengan nikmat yang ke dua dengan cara yang sama. Dan seterusnya samapai macam nikmat yang terakhir.
§ Guru dan siswa mendiskusikan permasalahan untuk mencapai kesepakatan bersama.
§ Tanya jawab dengan guru apabila ada masalah yang belum dimengerti.
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta , Pustaka Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Juli, 2010
Mengetahui,
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Moh. Said Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA NU Banat Kudus
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Petemuan : IV
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
B. Kompetensi Dasar
1.4 Mengidentifikasikan macam- macam nikmat Allah.sebagaimana terkandung dalam QS. Az-Zuhruf: 9-13
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan maksud nikmat fitrah.
§ Menunjukkan nikmat diniyah seperti terkandung dalam QS az-Zuhruf :9
§ Menjelaskan maksud nikmat rohaniah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf : 12
§ Menjelaskan nikmat alamiah sebagaimana terkandung dalam QS az-Zuhruf : 10-11
§ Menjelaskan maksud nikmat hayat.
§ Menunjukkan contoh dari nikmat ikhtiariyah
§ Menjelaskan maksud nikmat hurriyah
D. Materi Pembelajaran :
§ Macam-macam nikmat Allah:
§ Nikmat fitrah
§ Nikmat diniyah
§ Nikmat rohaniah
§ Nikmat alamiah
§ Nikmat hayat
§ Nikmat ikhtiyariyah
§ Nikmat hurriyah
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah
o Kegiatan Inti
§ Tanya jawab tentang macam-macam nikmat.
- Secara berkelompok mendiskusikan kandungan masing –masing ayat dari QS. Az-Zuhruf:9-13 yang berkaitan dengan macam-macam nikmat Allah.
- Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta ,
§ Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§ M.Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Audio visual
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tugas Individual
Juli, 2010
Mengetahui,
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Moh. Said Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA NU Banat Kudus
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Pertemuan : V
A. Standar Kompetensi:
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan Al-Hadits tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya
B. Kompetensi Dasar
1.5 Melaksanakan cara-cara mensyukuri nikmat Allah seperti terkandung dalam QS. Al-Ankabut: 17, dan haditstentang syukur nikmat
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menfungsikan seluruh nikmat Allah sesuai syari’at ajaran Islam
§ Melaksanakan perintah Allah dan meninggalkan larangannya
§ Mengucapkan terimakasih sebagai perwujudan rasa yukur.sebagaimana terkandung dalam hadits
§ Mengucapkan lafadz alhamdulillah sebagai perwujudan rasa syukur
§ Menunjukkan perilaku qona’ah sebagai perwujudan rasa syukur.
§ Melaksanakan perilaku bersyukur dengan melihat keadaan orang yang lebih rendah dari kita.
§ Mengeluarkan zakat apabila telah memenuhi persyaratan.
§ Bershodaqah kepada yang berhak sebagai wujud syukur bil maal
§ Membantu dalam bentuk perbuatan terhadap orang yang mengalami kesulitan sebagai wujud syukur bil af ’aal.
§ Menirukan perilaku orang yang selalu menunjukkan rasa syukurnya kepada Allah .
§ Menghafalkan do’a naik kendaraan dan melaksanakannya
§ Menghafalkan do’a mensyukuri nikmat dan melaksanakannya
D. Materi Pembelajaran :
§ cara-cara mensyukuri nikmat Allah :
- Billisan
- Bil hal
- Bil maal
- Bil af ’aal
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai nikmat Allah
o Kegiatan Inti
§ Tanya jawab tentang cara-cara mensyukuri nikmat Allah
§ Secara berkelompok mendiskusikan kandungan dari QS. Al-Ankabut: 17, dan haditstentang syukur nikmat tentang pelaksanaan syukur dalam kehidupan.
§ Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
§ Guru bersama siswa menyanyikan lagu syukur dengan khidmat. “Dari yakinku teguh …….dst”
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar, Jakarta ,
§ Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
§ M.Quraish Shihab, Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Audio visual
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Hafalan
– Tugas Individual
Juli, 2010
Mengetahui,
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Moh. Said Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA NU Banat Kudus
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Pertemuan : VI
A. Standar Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengartikan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Membaca QS. Ar-Rum: 41-42
§ Membaca QS. Al-A’rof: 56-58
§ Membaca QS. Shad:7
§ Membaca QS. Al-Furqon: 45-50
§ Membaca QS Al-Baqarah204-206
§ Menyebutkan makna mufradat
§ Mengartikan QS. Ar-Rum: 41-42
§ Mengartikan QS. Al-A’rof: 56-58
§ Mengartikan. QS. Shad:7
§ Mengartikan. QS. Al-Furqon: 45-50
§ Mengartikan. QS. Al-Baqarah204-206
D. Materi Pembelajaran :
§ Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai lingkungan hidup
o Kegiatan Inti
§ Membaca ayat tentang perintah menjaga kekelestarian lingkungan hidup
§ Tanya jawab makna mufrodat secara acak
§ Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan perintah menjaga kekelestarian lingkungan hidup
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tes Obyektif
– Tugas Individual
Juli, 2010
Mengetahui,
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Moh. Said Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA NU Banat Kudus
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Pertemuan : VII
A. Standar Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
B. Kompetensi Dasar
2.2 Menjelaskan kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menjelaskan kandungan ayat ten-tang akibat perbuatan manusia yang baik dan buruk sebagaimana terkandung dalam QS. Ar-Rum: 41-42
§ Menjelaskan kandungan ayat ten-tang larangan membuat kerusakan dimuka bumi seperti terkandung dalam QS Al-A’rof:56-58.
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang pendayagunaan sumber alam seperti terkandung dalam QS.Al-Furqon:45-50.
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang semua ciptaan Allah pasti ada hikmahnya sebagaimana terkandung dalam QS. Shad:27.
§ Menjelaskan asbabun nuzul QS Al-Baqarah 204-205
§ Menjelaskan kandungan ayat tentang perbuatan munafiq sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Baqqoroh:204-206
D. Materi Pembelajaran :
§ Q.S. Ar-Rum: 41-42
§ QS.Al-A’rof: 56-58
§ Inti materi :
- Akibat yang baik dan buruk dari perbuatan manusia
- Larangan membuat kerusakan QS Shad:27
§ Allah menciptakan segala sesuatu pasti ada hikmahnya QS. Al-Furqon: 45-50
§ Pendayagunaan sumber alam karunia Allah QS. Al-Baqarah: 204-206.
§ Perbuatan munafik yang menyebabkan rusaknya lingkungan
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§ Siswa membaca do’a.
§ Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§ Tanya jawab secara klassikal mengenai lingkungan hidup
o Kegiatan Inti
§ Menggali informasi mengenai perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup berbagai sumber belajar.
§ Membahas satu persatu kandungan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206 dengan tanya jawab dan diskusi kelompok
o Penutup
§ Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§ Guru memberikan tugas individu
§ Refleksi/Aplikasi Quantum.
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tes Obyektif
– Tugas Individual
Juli, 2010
Mengetahui,
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Moh. Said Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA NU Banat Kudus
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Pertemuan : VIII
A. Standar Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
B. Kompetensi Dasar
2.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamal-kan Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat baik dan orang yang berbuat buruk.
§ Menunjukkan perilaku orang yang menjaga kelestarian lingkungan hidup.
§ Menunjukkan perilaku orang yang pandai mengambil hikmah dari setiap ciptaan Allah.
§ Menunjukkan perilaku orang yang mendayagunakan sumber alam
§ Menunjukkan akibat perilaku orang yang berbuat munafik
D. Materi Pembelajaran :
§ Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§Siswa membaca do’a.
§Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§Tanya jawab secara klassikal mengenai lingkungan hidup
o Kegiatan Inti
§Secara berkelompok berdiskusi mengenai sosok orang yang menjaga kelestarian lingkungan hidup
§Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat.
§Memperhatikan ceramah para mubaligh
o Penutup
§Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§Guru memberikan tugas individu
§Refleksi/Aplikasi Quantum.
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta , Pustaka Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tes Obyektif
– Tugas Individual
Juli, 2010
Mengetahui,
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Moh. Said Drs. Saniman
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Madrasah : MA NU Banat Kudus
Satuan Pendidikan : Madrasah Aliyah
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Kelas/Semester : XI / Ganjil
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Pertemuan : IX
A. Standar Kompetensi:
2. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
B. Kompetensi Dasar
2.4 Menerapkan prilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup sebagaimana terkandung dalam Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58 dan QS. Shad:27. QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
C. Indikator Keberhasilan Belajar :
§ Mengadakan perjalanan di bumi untuk mengambil pelajaran dari setiap peristiwa
§ Melaksanakan aktifitas yang ada manfaatnya dan berakibat baik.
§ melaksanakn gerakan pelestarian lingkungan hidup yang baik.
§ Mengadakan kegiatan bakti sosial untuk membantu orang yang sangat memerlukan.
§ Menggunakan cahaya matahari untuk memenuhi keperluan sehari-hari
§ Membuat jadwal kegiatan rutin yang dilaksanakan secara disiplin untuk penggunaan waktu secara efektif.
§ Meninggalkan perilaku munafik
D. Materi Pembelajaran :
§ Q.S. Ar-Rum: 41-42, QS.Al-A’rof: 56-58;QS. Shad:27.; QS. Al-Furqon: 45-50 dan QS. Al-Baqoroh: 204-206
E. Metode Pembelajaran
§ Model : Kooperatif Learning (Small Group)
§ Metode : Ceramah; Tanya jawab; Diskusi; Penugasan; Kerja kelompok; Refleksi
F. Langkah Pembelajaran :
o Pendahuluaan
§Siswa membaca do’a.
§Guru menjelaskan kompetensi yang harus dicapai siswa dalam kegiatan pembelajaran
§Tanya jawab secara klassikal mengenai lingkungan hidup
o Kegiatan Inti
§Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan kandungan masing –masing ayat dari Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang
§Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup
o Penutup
§Siswa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru secara lisan.
§Guru memberikan tugas individu
§Refleksi/Aplikasi Quantum.
G. Sumber Belajar :
§ Buku pelajaran siswa
§ Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
§ Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta , Pustaka Panjimas
§ M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
§ Referensi perpustakaan
§ Internet
§ Lingkungan sosial
§ Media audio visual
§ Media cetak
H. Penilaian
o Penilaian Proses
o Penilaian Hasil
§ Jenis Tagihan:
– Tes Tulis
– Tugas
§ Bentuk instrumen
– Tes Subyektif
– Tes Obyektif
– Tugas Individual
Juli, 2010
Mengetahui,
Kepala MA Guru Mata Pelajaran
Drs. H. Moh. Said Drs. Saniman
Best Baccarat and Card Games In The World - Online Baccarat
BalasHapusBaccarat is one of the most bet analysis popular gambling games in the world. The 카지노 커뮤니티 game is 에그 벳 popular, the goal is to determine which 바카라 사이트 쿠폰 | 카지노게임사이트 cards are the most 사이트 추천