STANDAR KOPETENSI LULUSAN (SKL) UJIAN MADRASAH |
MANU BANAT KUDUS |
TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
| | | |
Mata Pelajaran | : Ke NU an | Bentuk Ujian : Tertulis |
| | | |
No | Stantadar Kopetensi | Kompetensi Dasar | Indikator |
1 | Memahami Amaliyah Rutin Warga NU | Menjelaskan nilai-nilai doa iftitah, qunut, dan ziarah kubur | 1. Menjelaskan pengertian doa iftitah |
| 2. Menjelaskan pengertian doa qunut |
| | 3. menjelaskan manfaat ziarah kubur |
2 | Memahami hukum taklid, ittiba', ijtihad dan talfiq | Menerangkan formulasi hukum taklid, ittiba', ijtihad dan talfiq | 1. Menjelaskan pengertian taklid |
| 2. Menjelaskan pengertian ittiba' |
| 3. Menjelaskan pengertian ijtihad |
| | | 4. Menjelaskan pengertian talfiq |
3 | Memahami nilai-nilai dasar NU | Menjelaskan nilai-nilai dasar NU dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari | 1. menjelaskan pengertian Mabadi |
| khairo Ummah |
| | 2. menjelaskan tujuan Mabadi khairo |
| | ummah |
4 | Mengidentifikasikan ,menganalisis, dan memedomani perilaku kaum Nahdliyin dalam kehidupan pribadi dan bersama masyarakat | Menerapkan perilaku warga NU dalam kehidupan sehari-hari | 1. Menyebutkan ciri perilaku keagama- |
| an NU di bidang akidah |
| 2. Menyebutkan ciri perilaku keagama- |
| | an NU di bidang akidah |
| | 3. Menyebutkan ciri perilaku keagama- |
| | an NU di bidang akhlak |
5 | Mengidentifikasikan, menganalisis, dan memedomani ukhuwah Nahdliyah dalam kehidupan sehari-hari. | Menerapkan ukhwah nahdliyah dalam kehidupan sehari-hari | 1. menyebutrkan macam-macam |
| ukhuwah |
| 2. Menjelaskan pengertian ukhuwah |
| | islamiyah, ukhuwah wathaniyah |
| | dan ukhuwah islamiyah |
| | 3. Menyebut kendala dan hambatan |
| | | dalam pengembangan wawasan |
| | | ukhuwah |
| | | 4. Menyebutkan pandangan NU |
| | | dalam melestarikan ukhuwah |
6 | Memahami proses lahirnya dan dinamika khittah Nahdliyah | Menganalisis kedudukan khittah Nahdliyah dan mampu mensosialisasikannya dalam kehidupan sehari-hari | 1. Menjelaskan pengertian dan subtan- |
| si khittah Nahdliyah |
| 2. Menjelaskan latar belakang khittah |
| | Nahdliyah |
| | 3. Menjelaskan tujuan khittah nahdliyah |
| | | 4. Menyebutkan butir-butir khittah |
| | | nahdliyah dalam Muktamar 27/1984 |
| | | 5. Menjelaskan strategi NU dalam men- |
| | | sosialisasikan khittah Nahdliyah |
7 | Memahami organisasi Kemahasiswaan yang berhaluan Ahlus Sunnah wal Jamaah | Menjelaskan sejarah, sistem dan organisasi PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia | 1. Menerangkan latar belakang pem- |
| bentukan PMII |
| 2. Menunjukkan sistem organisasi PMII |
| 3. Menyebutkan tokoh-tokoh pendiri dan |
| | | penerus PMII |
| | | 4. Menjelaskan organisasi Korp PMII Putri |
| | | 5. Memberikan contoh peran PMII bagi |
| | | mahasiswa NU |
| | | |
| | | Kudus, 10 Pebruari 2011 |
| Mengetahui: | | Koordinator |
| Kepala Madrasah | | Guru Mapel |
| | | |
| | | |
| | | |
| Drs. H. Moh Said | | Drs. Saniman |
| | | |
salam kenal, Gus Sani.
BalasHapusPernah mengaji pada Mbah Ali, ya Gus? Saya sekarang mengajar di SMP Ali Maksum.
Terima kasih telah vote saya dan terima kasih pula doanya.
Assalammua'laikum Pak Saniman, Bagaimana kabarnya? Moga tambah sukses ya pak. Dari alumni Banat. Wasalam
BalasHapus