Senin, 02 Mei 2011

PIDATO BUPATI KUDUS HARDIKNAS 2 MEI


 PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL
KABUPATEN KUDUS TAHUN 2011
2 MEI 2011*



Assalamualaikum wr wb.
Hadirin peserta upacara yang berbahagia.
   Dengan segala kerendahan hati, marilah senantiasa kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, hari ini kita dapat memperingati Hari Pendidikan Nasional yang ke-103 pada tanggal 2 Mei 2011.
      Melalui peringatan ini, perkenankan kami atas nama pemerintah daerah ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insane pendidikan, organisasi yang bergerak di dunia pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya, atas segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang telah diberikan dalam membangun dan mengembangkan dunia pendidikan di kabupaten Kudus. Dalam kesempatan ini pula, kami menyampaikan selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2011, semoga pendidikan kita semakin berkualitas dan semakin terbuka akses bagi seluruh masyarakat.
Hadirin yang berbahagia,
Kita semua memahami, dunia pendidikan itu sangat komplek, menantang namun juga sekali gus sangat mulia. Kompleksitas dan tantangan terus berkembang seiring dengan perjalanan zaman. Oleh karena itu, kita harus bersama-sama terus menerus memperkuat jati diri, identitas dan karakter sebagai bangsa Indonesia, yang selaras dengan tema peringatan Hardiknas tahun ini yaitu: “Pendidikan Karakter sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa”.
Tema ini mengingatkan kembali kepada kita semua tantangan hakikat pendidikan yang telah ditekankan oleh Ki Hadjar Dewantara, yaitu daya upaya untuk memajukan budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran dan jasmani anak didik.
Menyikapi perkembangan actual akhir-akhir ini terhadap munculnya beberapa perilaku menyimpang anak didik, pendidikan memiliki peran dan tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, kami ingin mengajak kepada para pemangku kepentingan pendidikan, terutama Kepala Sekolah, Guru, Pimpinan Perguruan Tinggi, dan Dosen, termasuk para orang tua, harus memberikan perhatian dan pendampingan lebih besar kepada peserta didik dam membentuk dan menumbuhkanpola piker dan perilaku yang berbasis kasih sayang, toleran terhadap realitas keanekaragaman dengan menyediakan ruang aktivitas yang positif.
Dengan tema tersebut, kita tidak ingin peringatan hari pendidik Nasional tahun 2011 ini hanya sekedar ceremony biasa, tapi kita ingin wujudkan dalam kegiatan nyata. Insya Allah mulai tahun 2011 ini, pendidikan berbasis karakter kita mulai dari pendidikan anak usia dini sampai perguruan tinggi.
Hadirin yang saya hormati,
Peringatan Hardiknas Tahun 2011 sekaligus merupakan momentum di mana kita memasuki Taham Percapatan Pembangunan untuk mewujudkan Kudus yang sejahtera. Meskipun upaya kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa telah menampakkan banyak kemajuan, namun kita juga sadar, bahwa masihg banyak kekurangan dan tantangan yang harus kita hadapi.
Kementerian Pendidikan Nasional telah menetapkan tiga pilar kebijakan, yaitu pemerataan dan perluasan akses pendidikan, peningkatan mutu, relevansi dan daya saing pendidikan, serta penguatan tatakelola, akuntabelitas dan citra publik pendidikan. Sejalan dengan kebijakan pusat itu, misi pembangunan pendidikan kita adalah mewujudkan wajib belajar 12 tahun yang terjangkau dan berkualitas.
Berkaitan dengan misi tersebut, pemerintah terus berupaya memajukan pendidikan di ataranya melalui Bantuan Operasional Sekolah, biasiswa bagi siswa yang kurang mampu, peningkatan kesejahteraan dan mutu pendidikan, serta peningkatan sarana prasarana pendidikan. Dengan kebijakan ini diharapkan tidak ada anak usia sekolah yang tidak sekolah karena alasan biaya. Untuk mewujudkannya, tentu perlu komitmen dan tanggung jawab kita bersama. Dalam kaitan itu, melalui peringatan Hardiknas tahun 2011 ini, saya mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan pendidikan untuk bersama-sama membangun dan memajukan pendidikan agar kita bias menyongsong masa depan yang gemilang.
Peserta upacara yang berbahagia,
Akhirnya, kami mengucapkan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional kepada seluruh pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, penggiat dan pecinta dunia pendidikan. Semoga apa yang kita darmabaktikan dalam dunia pendidikan selama ini termasuk bagian dari amal kebajikan.
Majulah dunia pendidikan, majulah Kudus.
Wassalamualaikum wr.wb.






                       BUPATI KUDUS

                                                                                  H. MUSTHOFA

 
*Dikutib dari naskah Pidato Bupati Kudus pada peringatan Hardiknas 2 Mei tahun 2011 oleh Guru MANU Banat, Saniman el-Qudsie


1 komentar:

  1. Terimakasih pak.... saya kutip naskahnya untuk tugas saya..... semoga amalnya diterima Allah..

    BalasHapus