Sabtu, 17 Februari 2018

Latihan Soal HIH 2018




1.     علمٌ يبحث فيه عن كيفيّة اتصالِ الحديث بالرسول من حيث احوالُ رواته ضبطا و عدالةً   و من حيث كيفية السند اتصالا و انقطاعا و نحو ذالك.
           Pernyataan di atas adalah definisi :
A.   Ilmu hadits riwayah
B.    Ilmu hadits dirayah
C.    Ilmu wurudil hadits
D.   Ilmu nasikhul hadits
E.    Ilmu rijalil hadits

2.     Ilmu hadits dirayah memiliki nama lain, seperti berikut ini:
A.   Ilmu Dirasatul Hadits,
B.    Ilmu Rijalil Hadits.
C.    Ushulul Hadits,
D.   Ilmu Balaghatul Hadits,
E.    Ilmu Ma’anil Hadits,

3.     Ulama yang merintis lahirnya Ilmu Riwayah adalah ...
A.   Al-Qadliy Abu Muhammad al-Ramahurmuziy
B.    Muhammad bin Syihab az Zuhri. 
C.    Al-Hakim Abu Abdillah al-Naesaburiy
D.   Abu Hafs 'Umar bin Abdul Majid al-Mayanzi
E.    Abu 'Umar dan 'Utsman bin Abd al-Rahman al-Syahrazuri

4.     Ada hadits yang masih lengkap sanad dan matannya dari kitab Shahîh al-Bukhariy  sebagai berikut :
حَدَّثَنَا الْحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ قَالَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ قَالَ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ قَالَ أَخْبَرَنِي مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ يَقُولُ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَلَى الْمِنْبَرِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ (أخرجه البخاري)
Perhatikan rangkaian periwayatan hadits tersebut yang sanad pertama adalah....
A.   Al-Bukhariy
B.    Al-Humaidiy
C.    Yahya
D.   Alqamah
E.    Umar bin Al-Khattab
5.     Ilmu yang membahas hadits-hadits nasikh (yang menghapus hukum), dan hadits-hadits mansukh (yang hukumnya dihapuskan) dikenal dengan ilmu ....
A.   rijal al-hadits
B.    gharib al-hadits
C.    al-nasikh wa al-mansukh
D.   talfiq al-hadits
E.    ’ilal al-hadits
6.     Ilmu yang menerangkan sebab-sebab Nabi menurunkan sabdanya dan masa-masa Nabi menurunkan sabda tersebut adalah ....
A.   al-nasikh wa al-mansukh
B.    talfiq al-hadits
C.    ’ilal al-hadits
D.   asbab wurud al-hadits
E.    asbab Nuzul
7.     Ilmu yang megkaji tentang hadits-hadits yang secara eksplisit tampak bertentangan dan bagaimana  mendudukkan hadits-hadits tersebut sebagai sumber hukum disebut……
A.   Ilmu gharibil hadits
B.    Ilmu rijalil hadits
C.    Ilmu nasikh mansukh
D.   Ilmu mukhtalaful hadits
E.    Ilmu hadits dirayah 
8.     Contoh dua hadits yang dhahirnya bertentangan seperti berikut ini:
إذا بلغ الماءُ قلتين لم يحمل الخبثَ
                   dengan
خلق الله الماءَ طهوراً لا ينجسه شيءٌ إلا ما غير طعمَه أو لونَه أو ريحَه
                   Langkah yang ditempuh adalah……
A.   Dikompromikan dan diamalkan keduanya
B.    Hadits pertama yang dipakai karena datang kemudian
C.    Dimauqufkan karena kedua hadits sifatnya sangat umum
D.   Hadits kedua yang diamalkan karena sifatnya lebih khusus
E.    Harus dilihat mana hadits yang sifatnya lebih tafsili, itulah yang diamalkan
9.     مَا رَواهُ  مِنَ الاِبْتِدَاءِ الى الانتهاءِ جمعٌ عن جمعٍ  تَمْنَعُ  العادةُ اتفاقَهُمْ  على الْكَذِبِ وهُوَ مِمَّا يُدْرَكُ بالحِسِّ.
Pernyataan tersebut adalah definisi hadits:
A.   Ahad
B.    Mutawatir
C.    Muallaq
D.   Mursal
E.    Mu’dhal
10.  انِ اتَّفَقَ رُواتُهُ في لفظِهِ وَمعنَاهُ  pernyataan ini menunjukkan syarat untuk hadits….
A.   Mutawâtir Amaliy
B.    Mutawâtir maknawi
C.    Mutawâtir haqiqiy
D.   Mutawâtir lafzhiy
E.    Mutawâtir lighorihi

11.    مالَمْ يَجْمَعْ شُروطُ الْمُتواتِر adalah definisi dari ….
A.   Hadits sohih
B.    Hadits mutawatir
C.    Hadits ahad
D.   Hadits dhaif
E.    Hadits hasan
12.  اْلحَدِيْثُ الّذِى رَوَاهُ اثْنَانِ وَلَوْكَانَ فِى طَبَقَةٍ وَاحِدٍ ثُمَّ رَوَاهُ بَعْدَ ذَلِكَ جَمَاعَةٌ
                adalah definisi dari ….
A.   Hadits Aziz
B.    Hadits Maukuf
C.    Hadits marfu
D.   Hadits qudsi
E.    Hadits mardud
13.  ما أضَافهُ الرَّسولُ صلى الله عليه وسلم وأسْنَدَهُ الى ربِّهِ عزَّ وجلَّ من غيرِ القرآنِ
Ungkapan diatas adalah definisi untuk …..
A.   Al-Qur’an
B.    Hadits Qudsi
C.    Hadits Nabawi
D.   Khobar
E.    Atsar

14.  Hadits di bawah ini yang termasuk klasifikasi Hadits berdasarkan tempat penyandarannya atau dari sumber beritanya yaitu? ….
A.   Mutawatir
B.    Ahad
C.    Marfu’
D.   Mursal
E.    Munqhati`

15.  Di bawah ini adalah hadits yang dapat diterima (maqbul) sebagai hujah dan dapat diamalkan…
A.   Hadits muhkam
B.    Hadits matruk
C.    Hadits mu’allaq
D.   Hadits mudallas
E.    Hadits mursal

16.  عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ ». قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ.
Kata Abu Isa: “Ini adalah Hadits Hasan”. Siapakah Abu Hasan itu ?
A.   Abu Dawud
B.    At-Tirmidziy
C.    An-Nasa’iy
D.   Ibnu Majah
E.    Ad-Darimiy

17.  الحْدِيْثُ الذِيْ لَمْ تَجْتمعْ فيه صفاتُ الصَّحيحِ ولا صفاتُ الحْسَن
adalah definisi dari Hadits ….
A.   Mardud
B.    Dlaif
C.    Ahad
D.   Aziz
E.    Gharib

18.  Suatu hadits yang tidak disebutkan sanadnya oleh perawinya adalah…..
A.   Hadits muallal
B.    Hadits mudallas isnad
C.    Hadits munkar
D.   Hadits mu’allaq
E.    Hadits mursal

19.  Hadits matruk adalah hadits yang dho’if disebabkan……
A.   Sanadnya terputus
B.    Perawi kurang dhabith
C.    Perawi masih anak-anak
D.   Terdapat kejanggalan dalam matan hadits
E.    Perawinya cacat keadilannya dan tertuduh dusta

20.  Hadits mursal yaitu hadits yang gugur sanadnya setelah tabi’in. Yang dimaksud sanad setelah tabi’in adalah….
A.   Rasulullah saw
B.    Sahabat
C.    Tabi’it tabi’in
D.   Ulama salaf
E.    Ulama mutaqaddimin

21.  Pendapat yang rajih menurut muhaddisin tentang kehujjahan hadits mursal adalah….
A.   Hadits mursal dapat dijadikan hujjah secara mutlak.
B.    Tidak dapat digunakan sebagai hujjah secara mutlak.
C.    Dapat, asal yang mengirsalkan ulama abad ketiga.
D.   Dapat, bila yang mengirsalkan itu orang adil.
E.    Tidak dapat dibuat hujjah secara mutlak karena adanya keraguan dan tidak diketahui dengan jelas keadaan rawinya

22.  Di bawah ini nama perawi yang merupakan Khadam (pelayan) Rasulullah SAW. adalah ….
A.   Abdullah binUmar
B.    Anas bin Malik
C.    Aisyah ash shiddiqiyyah
D.   Jabir ibnu Abbas
E.    Abdullah bin Abbas

23.  Imam Muslim adalah pentakhrij hadits yang terkemuka. Hadits yang merupakan kesepakatan Imam Muslim dengan Al Bukhari disebut ….
A.   Shahih Bukhari
B.    Shahih Muslim
C.    Muttafaqun Alaihi
D.   Shahibul Hadits
E.    Al Musnatul kamil

24.  Kitab-kitab hadits yang memuat seluruh bab hadits dinamakan….
A.       Al  Mustaakhraj
B.        Al Mustadrok
C.        Al Masanid
D.       As Sunan
E.        Al Jami’
25.  Pembukuan hadits berkembang pesat pada abad 8 H. Di antara ragam pembukuan hadits ialah ….
A.    Al jami’, As Sunan, Al Bayan, Al Musnad
B.    Al Jami’, Al Kitab, Al Musnad, Al Mu’jam
C.    Al Jami’, As Sunan, Al Musnad, Al Furqon
D.    Al Jami’, As Sunan, Al mustadrok, Al Mustakhraj
E.    Al Jami’, As Sunan, Al Muwatho’, dan  Al Musnad
26.  Kegunaan jarh wa ta’dil adalah....
A.   Untuk mengetahui dan menetapkan, riwayat perawi itu dapat diterima atau ditolak.
B.    Untuk mengetahui ketersambungan sanad hadits
C.    Untuk mengetahui dan menetapkan keadilan perawi
D.   Untuk mengetahui dan menetapkan cacat perawi hadits
E.    Untuk mengetahui dan menetapkan kedhabithan perawi.

27.  Ilmu yang menerangkan tentang kecacatan yang ada pada para perawi dan menerangkan  keadilan mereka dengan memakai kata-kata khusus, adalah...
A.   Ilmu Wurudil hadits
B.    Ilmu Rijalil Hadits
C.    Ilmu Jarah wa Ta’dil
D.   Ilmu Nasikh wal Mansukh
E.    Ilmu Riwayatul hadits

28.  Cacat (aib) perawi pada umumnya berkisar pada 5 macam. Di bawah ini yang tidak termasuk cacat parawi adalah….
A.   Mukhalafah
B.    Dhabeth
C.    Jahalatul hal
D.   Da’wal inqitha’
E.    Ghibah
29.  Seorang thalib yang ingin membuktikan suatu hadits shahih apakah benar shahih sebagaimana yang nampak atau ada cacat yang tersembunyi, maka ia hendaknya mempelajari ilmu ....
A.   al-nasikh wa al-mansukh
B.    asbab wurud al-hadits
C.    jarh wa ta’dil
D.   talfiq al-hadits
E.    ’ilal al-hadits

30.  Rasulullah SAW. juga pernah menta’dil Khalid bin Walid dengan sabdanya…..
A.   Khalid bin Walid adalah sebaik-baik manusia pada zamannya
B.    Khalid bin Walid adalah hamba Allah yang paling mulia
C.    Khalid bin Walid adalah ahli pedang ternama
D.   Sebaik-baik hamba Allah adalah Khalid bin Walid, salah satu pedang diantara pedang-pedang Allah
E.    Khalid bin Walid adalah manusia pemberani, pembela agama Allah

31.  Di bawah ini adalah ta’dîl dengan menggunakan ungkapan kata yang menunjukkan  ketinggian   sifat keadilan (mubalaghah) dan kedhabithan (ketsiqahan) periwayatan hadits.
A.   ثِقَةٌ مَأْمُوْنٌ
B.   فلانٌ ثِقَةٌ
C.   جِيّدُ الْحَديثِ
D.   رَوَى عنْهُ النَّاسُ
E.    فُلانٌ إلَيْهِ الْمُنْتَهَى فى التَثبُّتِ   
32.  Al-Hafizh Abu Bakar berpendapat, bahwa lafal  yang paling tinggi untuk kritik  kualitas para periwayat hadits adalah kata:
A.    حجَّةٌ
B.   ساقِطٌ
C.   أكْذَبُ النَّاس  
D.   ضعيفُ الحديثِ
E.    فلانٌ مترُوْك
33.  أَخْذُ الْحَدِيْثِ  وَ تَلَقِّيْهِ عَنِ الشّيْخِ بِطَرِيْقٍ مِنْ طُرُقِ التَّحَمُّلِ
     Makna yang paling tepat untuk definisi di atas adalah ….
A.    Mengambil dan menerima Hadits dari seorang syeikh  dengan cara  tertentu dari beberapa cara penerimaan.
B.    Meriwayatkan dan menerima Hadits dari seorang syeikh harus dengan cara  tertentu dari beberapa cara penerimaan.
C.    Memindah Hadits dari seorang syeikh  dengan beberapa cara - cara penerimaan.
D.    Mengambil dan menerima Hadits dari seorang syeikh  dengan cara  yang disyahkan agama.
E.    Mengambil dan menerima Hadits dari seorang syeikh adalah cara seseorang menjadi perawi

34.  Methode Tahamul yang paling tinggi diantara 8 methode yang lain adalah ....
A.   Al-Mukatabah
B.    Metode  Al-Munawalah
C.    Metode  Al-Sima’
D.   Al-Qirâ’ah / Al-'Ardl
E.    Metode  Al-Ijazah
35.  "إذْنُ العالمِ برواية بعضٍ مِنْ مروياته المعينة لشخْصٍ أو لأشخاصٍ معينين" adalah pengertian dari methode tahamul ....
A.   Al-Mukatabah
B.    Metode  Al-Sima’
C.    Metode  Al-Ijazah
D.   Al-Qirâ’ah / Al-'Ardl
E.    Metode  Al-Munawalah

36.  Seorang Syeikh  menulis apa yang ia dengar untuk murid yang hadir atau yang tidak hadir di majlis  dengan tulisan Syeikh sendiri atau dengan perintahnya, untuk dikirim kepadanya melalui orang yang terpercaya disebut methode tahamul ….
A.   Metode  Al-Munawalah
B.    Al-Qirâ’ah / Al-'Ardl
C.    Metode  Al-Ijazah
D.   Al-Mukatabah
E.    Sama'

37.  Yang tidak termasuk syarat-syarat Adâ’ al-Hadîts menurut Mayoritas ulama Hadits, ulama Ushul, dan ulama Fikih  adalah ….
A.   Muslim (beragama Islam).
B.    Baligh  (dewasa)
C.    Aqil  (berakal)
D.   Dhâbith (kuat daya ingat)
E.    Rijal al-Hadits (tokoh hadits)

38.  Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa dalam urusan niat maka Allah memperhitungkannya sebagai amal, jika niat baik maka berpahala 1 kebaikan, potongan hadits yang dimaksud adalah…..
A.    إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ
B.    فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً
C.   وَإِنْ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عِنْدَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ
D.   وَإِنْ هَمَّ بِسَيِّئَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ
E.    وَإِنْ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ سَيِّئَةً وَاحِدَةً
39.  Perhatikan hadits berikut....
يَا عِبَادِى لَوْ أَنَّ أَوَّلَكُمْ وَآخِرَكُمْ وَإِنْسَكُمْ وَجِنَّكُمْ كَانُوا عَلَى أَتْقَى قَلْبِ رَجُلٍ وَاحِدٍ مِنْكُمْ مَا زَادَ ذَلِكَ فِى مُلْكِى شَيْئًا
Pada  Hadits di atas  adalah sifat-sifat kebesaran dan kekuasaan Allah tentang ….
A.   Maha Kaya Raya
B.    Maha Pengampun
C.    Maha  Membalas Amal
D.   Maha Sempurna Kerajaan-Nya
E.    Maha Berbuat Apa yang Dikehendaki

40.  Pada  Hadits dibawah ini  adalah sifat kebesaran Allah dan kekuasaan-Nya tentang ….
يا عبادي إني حرمتُ الظلمَ على نفسِيْ وجعلتـُـه بينكم محرَّماً فلا تــظالـَمُوا
A.    Maha Pengampun
B.    Maha Pemberi Petunjuk
C.    Maha Suci dari Kezhaliman
D.    Maha Pemberi Makan dan Pakaian
E.    Maha Berbuat Apa yang Dikehendaki
41.  Kandungan Hadits Rasulullah saw yang bergaris di bawah ini adalah….
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « لاَ يَدْخُلُ النَّارَ أَحَدٌ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةِ خَرْدَلٍ مِنْ إِيمَانٍ وَلاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ أَحَدٌ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ حَبَّةِ خَرْدَلٍ مِنْ كِبْرِيَاءَ ». رواه مسلم
A.   Sifat keagungan dan kebesaran hanya milik Allah karena kesempurnaan segala sifat-Nya
B.    Manusia yang mengagungkan diri dan menyombongkan dirinya berarti merampas sifat Tuhan
C.    Seorang yang memiliki sifat keagungan dan kesombongan tidak dapat masuk surga.
D.   Tidak masuk neraka  seseorang  di dalam hatinya  terdapat sekecil  atom dari iman
E.    Allah SWT adalah dzat yang Maha mempunyai keagungan dan kebesaran.

42.  Dalam beberapa hadisnya, Rasulullah saw menjelaskan keutamaan-keutamaan orang-orang yang memberi, di antaranya sebagai berikut, kecuali:
A.   Dapat menghapus dosa.
B.    Dapat menghilangkan permusuhan.
C.    Dapat meningkatkan simpati seseorang.
D.   Dapat mengangkat derajat dan kepandaian seseorang.
E.    Dapat mencegah datangnya musibah dan menghilangkan murka Allah.

43.  Pemberian yang kurang baik sebagaimana digambarkan sebuah hadis adalah;
A.   Sumber pemberian berasal dari hutang.
B.    Sumber pemberian berasal dari mencuri.
C.    Ketika dalam keadaan miskin dan banyak hutang.
D.   Pemberian di saat orang tidak membutuhkannya.
E.    Ketika ajal sudah dekat, baru memberikan hartanya.

44.  مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ، فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ، وَذَلِكَ    أَضْعَفُ الْإِيمَانِ                                  
Hadits tersebut mengandung pengertian:
A.   Amar makruf
B.    Memberantas kemungkaran
C.    Pertanyaan munkar nakir
D.   Melarang gerakan makar
E.    Dakwah.

45.  Demokrasi sering dipersamakan dengan................dalam Islam:
A.   Rapat besar
B.    Rapat akbar.
C.    Syura
D.   Pemilihan umum
E.    Musyawarah kerja
46.  Sebaik baik pemimpin adalah yang:
A.   Penuh bijaksana
B.    Mencintai dan dicintai rakyat
C.    Memiliki wawasan kebangsaan
D.   Mendengarkan keluhan warganya
E.    Memberi sumbangan kepada warganya
47.            عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- مَرَّ بِسَعْدٍ وَهُوَ يَتَوَضَّأُ فَقَالَ « مَا هَذَا السَّرَفُ ». فَقَالَ أَفِى الْوُضُوءِ إِسْرَافٌ قَالَ « نَعَمْ وَإِنْ كُنْتَ عَلَى نَهَرٍ جَارٍ (رواه ابن ماجه)
Hadis ini mengajarkan kepada kita:
A.   Cara berwudhu yang benar
B.    Larangan berlebih-lebihan dalam beribadah
C.    Tidak berlebih-lebihan dalam menggunakan air.
D.   Larangan berlaku boros dalam menggunakan harta
E.    Tidak berlebihan menggunakan air dalam berwudhu meski di sungai.

48.  Riya atau mengharap supaya orang lain melihat atau memuji kebaikan yang dilakukan, merupakan:
A.   Syirik kecil.
B.    Syirik besar.
C.    Dosa kecil.
D.   Hal yang lazim atau lumrah saja.
E.    Hal yang menjadi pantangan bagi para pemberi.
49.  Kualitas hadis : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم : طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ “mencari ilmu adalah wajib atas setiap Muslim”, adalah
A.   Dlaif
B.    Hasan
C.    Shahih
D.   Maudlu
E.    Mudallas

50.  Dalam merespon perintah mencari ilmu, banyak tabi’in melakukan rihlah ilmiyah, yaitu:
A.   Karya wisata
B.    Wisata ziarah
C.    Perjalanan jauh
D.   Pergi ke negeri Cina
E.    Perjalanan mencari ilmu.
51.  Menurut hadis riwayat Bukhary dari Anas bin Malik yang berbunyi:
« مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا ، أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا ، فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ ، إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ »
salah satu cara upaya pelestarian lingkungan hidup adalah dengan cara:
A.   Menyewakan tanah
B.    Menanami tanah
C.    Menghibahkan tanah
D.   Mewakafkan tanah
E.    Membiarkan tanah.

52.  Dalam hadis riwayat Baihaki, Rasulullah melarang boros dalam empat hal yaitu:
A.   Berwudlu, bersedekah, makan dan minum.
B.    Berwudlu, berpakaian, makan dan minum
C.    Bersedekah, berpakaian, makan dan minum
D.   Makan, minum, berpakaian, dan bersedekah.
E.    beribadah, makan, minum, dan tidur.

53.  Apabila seorang Muslim menanam pohon, lalu buahnya itu diambil orang, atau dimakan burung atau binatang lain, maka hal itu bagi pemilik pohon merupakan:
A.   Hibah
B.    Hadiah
C.    Infak
D.   Sedekah
E.    Zakat
54.  Hadits: « مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ ».
Makna yang terkandung dalam hadits diatas adalah:
A.   Mencari ilmu adalah suatu kewajiban.
B.    Mencari surga itu semudah mencari ilmu.
C.    Allah memudahkan masuk surga bagi yang mencari ilmu
D.   Allah memudahkan orang masuk surga dan mencari ilmu.
E.    Mencari ilmu itu sebanding dengan mencari surga.

55.  Tingkat keimanan seseorang yang tertinggi adalah….
A.    Beramar ma’ruf nahi mungkar
B.    Mengisi hidup dengan amal saleh dan berzikir
C.    Taat kepada Allah dan RasulNya di atas segala-galanya
D.    Menjunjung tinggi Al Qur’an dan berjalan di atas sirathal mustaqim
E.    Menjauhkan diri dari dosa dan menghindari segala bentuk kemaksiatan
56.  عن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: « إِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِى إِلَى الْبِرِّ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِى إِلَى الْجَنَّةِ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَصْدُقُ حَتَّى يَكُونَ صِدِّيقًا، وَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِى إِلَى الْفُجُورِ، وَإِنَّ الْفُجُورَ يَهْدِى إِلَى النَّارِ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيَكْذِبُ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللَّهِ كَذَّابًا »
Makna yang terkandung dalam redaksi yang bergaris bawah adalah:
A.   Jujur adalah fujur
B.    Jujur adalah buntung
C.    Jujur adalah beruntung
D.   Mujur adalah beruntung
E.    Beruntung adalah syukur.

57.  Bersikap bermewah-mewahan dan tidak peduli kepada kaum dlu’afa (orang-orang fakir miskin), berpotensi menimbulkan:
A.   Jurang pemisah antara fakir dan miskin
B.    Kekufuran pada orang-orang fakir miskin
C.    Keputusasaan pada orang-orang fakir miskin
D.   Perpecahan antara orang fakir dan orang miskin
E.    Permusuhan antara orang miskin dengan orang kaya

58.  « مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا ، أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا ، فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ ، إِلاَّ كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ »
Pelajaran yang terdapat pada hadis Nabi saw. di atas adalah:
A.   Menanam pohon akan memberikan berbagai manfaat
B.    Pekerjaan apapun bisa bernilai ibadah yang berpahala
C.    Menanam pohon akan dapat menjadi amal jariyah
D.      Menanam pohon dipandang sebagai melestarikan lingkungan hidup
E.    Semua pernyataan di atas sejalan dengan kandungan hadis

59.  Dikisahkan bahwa suatu hari raja Anusyirwan ketika sedang berburu menjumpai seorang kakek tua sedang menanam pohon zaitun.  Kisah ini  memberikan pelajaran pada kita:
A.   Menanam pohon sebagai sebagai pencintraan
B.    Menanam pohon harus menghasilkan manfaat ekonomis
C.    Menanam pohon merupakan infestasi untuk masa depan
D.   Menanam pohon jangan disertai sikap egois dan individualis
E.    Menanam pohon merupakan balas jasa kepada orang-orang terdahulu

60.  Pembelajaran Rasulullah saw kepada para sahabatnya dalam menyelesaikan permasalahan permasalahan yang dihadapi selalu menekankan kepada سمعنا واطعنا . Hikmah yang bisa kita ambil adalah….
A.    Mendengarkan dan mentaati Rasul
B.    Aktif dan berpikir kritis terlebih dahulu
C.    Menerima segala sesuatu secara mentah-mentah
D.    Dalam hal keimanan selalu menerima dengan terbuka
E.    Kita mendengarkan dan mentaati perintah jika sesuai dengan logika

==============$#lQ==================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar